loading...

Sekapur Sirih Tuan Rumah PSNMHII XXVIII Universitas Riau

Sekapur Sirih
Forum Komunikasi Mahasiswa HubunganInternasional se-Indonesia (FKMHII) adalah suatu forum resmi antar mahasiswa hubungan internasional se-Indonesia. Di dalam keanggotaan FKMHII ini sendiri terdapat lebih dari 40 Universitas se-Indonesia. FKMHII didirikan secara resmi pada tahun 1989 melalui Deklarasi Jatinangor. Forum ini dijadikan wadah bagi para anggotanya untuk saling berinteraksi, bertukar informasi, berdiskusi tentang pengetahuan di dalam hubungan internasional dan juga sebagai wadah sharing bagi para anggotanya.
FKMHII dalam segi akademis memiliki pengaruh yang cukup signifikan, hal itu dikarenakan FKMHII pada setiap tahunnya mengadakan pertemuan rutin yang mempertemukan seluruh anggotanya untuk membahas tentang perkembangan isu dalam hubungan internasional. Hasil dari pertemuan nasional maupun pertemuan sela nasional yang menjadi agenda wajib FKMHII selalu disuarakan untuk di instansi pemerintah, seperti Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia.
FKMHII memiliki 2 (dua) agenda wajib setiap tahunnya. Kedua agenda ini yaitu, Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional Se-Indonesia (PNMHII) yang dijadwalkan setiap bulan ke-10 atau ke-11 setiap tahunnya dan Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional (PSNMHII) yang dijadwalkan setiap bulan ke-4 atau ke-5 setiap tahunnya, tuan rumah yang menjadi pelaksana kedua agenda ini adalah Universitas yang menjadi anggota tetap FKMHII.

Kedua pertemuan ini memiliki karakter yang sedikit berbeda, PNMHII memiliki karakter pertemuan yang bervariasi dimana terdapat agenda seperti Short Diplomatic Course (SDC) dan Joint Statement Forum (JSF). Sedangkan pada PSNMHII, SDC dan JSF tidak diselenggarakan. Tetapi, meskipun tidak dimasukkannya SDC dan JSF sebagai agenda wajib bukan berarti PSNMHII tidak memiliki agenda yang bervariasi. PSNMHII sendiri memiliki agenda wajib yaitu Sidang Forum (SF). Dalam Pertemuan Sela Nasional ini juga, kegiatan-kegiatan yang menjadi tradisi setiap tahun akan dijalani seperti Seminar Nasional, Panel Discussion, Paper Presentations, Social Project, dan tidak pernah lupa agenda City Tour yang akan diikuti seluruh delegasi dari masing-masing Universitas seluruh Indonesia.
Pada Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional Se-Indonesia (PSNMHII) XXVII yang dilaksanakan pada tanggal 11 s.d 16 Mei 2015 di Universitas Brawijaya Malang, peserta Sidang Forum memutuskan dan menetapkan Universitas Riau sebagai tuan rumah Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional Se-Indonesia (PSNMHII) XXVIII pada tahun 2016. Ini tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi Universitas Riau khususnya karena mempromosikan Universitas Riau dikancah nasional, serta memperkenalkan secara langsung Provinsi Riau yang kaya akan budaya MELAYU dan juga merupakan Provinsi yang memiliki Ibukota sebagai pusat industri, pusat dari masuknya investasi asing yang menjadikan Ibukota Provinsi Riau yaitu Kota Pekanbaru dikenal sebagai Kota Bisnis dan Industri.

Pada tahun 2016 dengan doa dan usaha, serta dukungan dari berbagai pihak, Universitas Riau dengan motivasi tinggi ASEAN Community akan mengangkat tema“The ASEAN Way: Community Within Diversity”. Tema ini dipilih karena berkaitan erat dengan semangat negara-negara ASEAN yang menjalankan ASEAN Community di akhir tahun 2015. Maka, penyelenggara PSNMHII XXVIII di pertengahan 2016 sangat tepat untuk melihat perkembangan serta dampaknya di negara-negara ASEAN dan Indonesia setelah beberapa bulan menjalankan program ASEAN Community tersebut.
KorpsMahasiswaHubunganInternasional (KOMAHI) Universitas Riau, dengan semangat dan bangga untuk siap mensukseskan pergelaran akbar ini.

Teriring Salam dan Hormat Kami

Panitia PSNMHII XXVIII Universitas Riau

*NOTE:
Link teaser youtube PSNMHII XXVIII UR:
TEASER #1 PSNMHII XXVIII UR



0 Comments

Leave a comment