loading...

PERANG DAGANG CHINA VS AMERIKA SERIKAT DAN DAMPAKNYA PADA ASEAN

Galih Falzah Salsabila

galihfalzah2@gmail.com

Department of International Relations, Faculty of Social and Political Science,

University of Jember

Abstrak

Ketegangan perdagangan dan kebijakan proteksionis memulai perang dagang Tiongkok-AS pada tahun 2018, yang memiliki dampak global yang signifikan. Perdagangan, sistem pasokan, dan pola investasi semuanya mengalami gangguan saat ketegangan meningkat. Dalam tulisan ini, penulis menggunakan teori dari game theory untuk menjelaskan mengenai perseteruan kedua negara ini dalam bidang ekonomi, dimana signifikansi yang mereka berikan sangatlah besar, keputusan yang diambil selama perang dagang ini akan berdampak pada dunia untuk waktu yang sangat lama. Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) merasakan dampak signifikan dari perang dagang Tiongkok-AS yang dimulai pada tahun 2018. Rantai pasokan terganggu, biaya meningkat, dan perdagangan dialihkan, yang berdampak pada ekonomi yang terkait di wilayah tersebut. ASEAN mengalami kesulitan diplomatik ketika Cina dan AS bersaing untuk mendapatkan hegemoni.

Kata kunci: Perang dagang China AS, hegemoni, ASEAN, ekonomi

  1. Pendahuluan

Untuk pertama kalinya sejak AS melewati Inggris Raya untuk menjadi negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 1870-an, kini AS harus bersaing dengan saingan yang sebanding dan, dalam beberapa hal, bahkan lebih besar dari AS. Artikel ini membahas rekam jejak Tiongkok dalam mengejar ketertinggalannya dari AS dan bahkan melampauinya dalam beberapa kompetisi ekonomi.

Kegiatan Amerika Serikat (AS) untuk meningkatkan pajak impor atas barang-barang manufaktur dari Cina dan negara-negara lain untuk mendapatkan respon dari negara-negara tujuan disebut sebagai "perang dagang" oleh media, legislator, dan ekonom. Karena AS percaya bahwa pemerintah Tiongkok telah mengorbankan kepentingan warga negara AS, maka diambil tindakan untuk melawannya. Sejak 2010, telah terjadi peningkatan ketidakseimbangan perdagangan AS dengan Tiongkok karena jumlah ekspor Tiongkok ke AS jauh lebih besar daripada persentase impornya. Perseteruan antara RRT dan AS, dua negara dengan perdagangan terbesar di dunia, tidak dapat dihindari dalam menghadapi ancaman tarif dan balasan lebih lanjut. Menurut Dana Moneter Internasional (IMF) (2018), meningkatnya ketegangan perdagangan antara AS dan RRT akan berdampak negatif pada PDB kedua negara, menurunkan masing-masing sebesar 0,9% dan 0,6%, serta menyebabkan penurunan PDB global sebesar 0,4% dari waktu ke waktu. Dalam upaya untuk mengatasi defisit perdagangan, pemerintah AS telah meningkatkan bea impor sejak Juni 2018, terutama terhadap Tiongkok. Dimulai pada awal Mei 2019, pemerintah AS menaikkan bea masuk terhadap barang-barang China senilai USD 200 miliar dari 10% menjadi 25%. Pemerintahan Trump mengambil keputusan ini sebagai upaya untuk mengurangi ketidakseimbangan perdagangan antara kedua negara karena AS biasanya mengimpor lebih banyak barang dari China daripada yang dijual ke negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut selama tiga dekade sebelumnya.

Sebagai balasannya, China mulai memungut bea masuk tambahan untuk barang-barang AS senilai USD 60 miliar per 1 Juni 2019. China juga mempertimbangkan untuk menghentikan pembelian produk pertanian dan pesawat terbang Boeing dari Amerika. Ini adalah keputusan yang tidak terduga bagi banyak orang, terutama mengingat fakta bahwa perjalanan 'sukses' Trump ke Beijing terjadi kurang dari setahun yang lalu pada saat tarif diimplementasikan. Namun, gambaran yang sama sekali berbeda menjadi lebih jelas ketika kita meneliti masalah perdagangan ini.

Pertanyaan apakah perselisihan perdagangan China dengan AS akan menghalangi jalannya menuju pembangunan yang cepat sedang dipicu oleh kemungkinan perang dagang habis-habisan. Selama beberapa dekade terakhir, China telah melihat perkembangan ekonomi yang luar biasa sebagai hasil dari strategi berorientasi ekspor yang efektif. Beberapa tahun terakhir ini telah terjadi peningkatan persaingan strategis antara Cina dan AS, yang telah berdampak pada hubungan bilateral, regional, dan internasional. Kebijakan Indo-Pasifik pemerintah AS telah berkembang sebagai sarana untuk menahan Cina di wilayah tersebut. Strategi Indo-Pasifik AS yang baru menyatakan bahwa "paksaan dan agresi RRT menjangkau seluruh dunia, tetapi yang paling parah di Indo-Pasifik." Negara-negara ASEAN memiliki hubungan perdagangan ekspor dengan Tiongkok dan AS, dengan ekspor non-minyak mencapai 25% hingga 35% dari total ekspor.

Dampak dari konflik perdagangan ini akan mengubah permintaan ekspor ASEAN. Dampak penurunan permintaan ekspor paling besar terjadi pada barang-barang seperti elektronik, bahan baku otomotif, dan komoditas perkebunan (Boltho 2020). Ketika ASEAN berupaya untuk mendapatkan kembali kepercayaan dan kemandirian strategis dalam menghadapi "perhatian" yang terus meningkat, mentalitas internalnya telah berubah dari optimisme yang berhati-hati menjadi kekhawatiran dan ketidakaktifan. Meskipun pemerintahan Trump pertama kali dan kemudian memungut tarif atas barang-barang yang diproduksi dan diekspor dari Tiongkok, menjadikan Tiongkok sebagai target eksklusif, langkah-langkah ini memiliki efek negatif pada negara-negara lain. Salah satu dari sekian banyak korban nyata dari perang dagang ini adalah kawasan ASEAN.

  1. Tinjauan Pustaka Terkait

Berikut adalah tabel yang berisi tinjauan pustaka terkait dengan perang dagang China vs Amerika Serikat dan dampaknya pada ASEAN:

No.

Sumber Referensi

Penulis

Tahun

1

Artikel: “An Economic Analysis of the US-China Trade Conflict”

Eddy Bekkers and Sofia Schroeter

2020

2

Artikel: "Perang Dagang AS-Cina : Dampak Ekonomi Pada Negara Mitra Dagang AS-Cina"

Mutiara Sari, Marselina, Neli Aida

2021

3

Artikel: “The Great Economic Rivalry: China vs the US”

Graham Allison Nathalie Kiersznowski Charlotte Fitzek

2022

 

Kajian literatur menganalisis dampak ketidakpastian kebijakan perdagangan terhadap pertumbuhan ekonomi di 10 negara mitra dagang AS-Tiongkok sebelum dan sesudah perang dagang AS-Tiongkok. Hasil analisis terhadap variabel FDI menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan, dan negara-negara tersebut menjadi sasaran empuk terhadap perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok. Dan juga kami menggunakan tinjauan pustaka untuk membahas secara keseluruhan perseelisihan ekonomi antara China dan AS. Semua sumber referensi tersebut memiliki kaitan dengan judul yang kami bawakan yaitu “Perang Dagang China vs AS dan Dampaknya pada ASEAN”

  1. Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian adalah cara ilmiah yang digunakan untuk mendapatkan data serta mengumpulkan sumber informasi sebagai pemenuhan tujuan penelitian. Metodologi penelitian dalam sebuah penelitian menjadi penting karena merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses suatu penelitian. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan kualitatif. Metode penelitian deskriptif merupakan metode yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan suatu fenomena berdasarkan fakta-fakta yang ada secara sistematis, faktual, dan akurat (Sitorus, 2021). Metode penelitian kualitatif merupakan metode yang bertujuan untuk mengeksplorasi data - data yang diperoleh untuk menekankan pada penjelasan yang mendalam (Dawson, 2007).

Metode penelitian deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam mengenai perang dagang yang terjadi antara AS dan China serta dampaknya terhadap ASEAN, sehingga mampu memberikan uraian yang mendalam dari fenomena yang diteliti dengan menggunakan teori atau konsep. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengetahui dampak terhadap ASEAN akibat perang dagang antara AS dan China.

Data yang digunakan dalam menganalisis isu yang diteliti adalah data sekunder yang terkini dan didapat dari berbagai sumber. Data sekunder merupakan data yang diperoleh dari hasil observasi lapangan melainkan dari buku, jurnal, tesis, berita, dokumen, dan lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research. Data sekunder yang digunakan adalah berupa jurnal, e-book, laporan, dan sumber data yang bersifat secondary hand lainnya yang berkaitan dengan isu yang diteliti, sehingga mampu memberikan informasi yang jelas kepada pembaca.

 

  1. FINDING (TEMUAN)

4.1 Tentang Perang Dagang

Di era globalisasi ekonomi, proteksionisme perdagangan jika diumpamakan, bukan merupakan ‘obat’ melainkan racun. Dalam kasus perang dagang, kerugian tidak dapat dihindari oleh kedua negara, baik yang menerapkan pajak maupun yang menjadi target tarif. Pada kenyataannya, negara-negara yang memilih untuk tidak terlibat akan mengalami kerugian tambahan. Sebagai ilustrasi, kebijakan proteksionis seperti tarif yang lebih tinggi pada akhirnya akan menyebabkan inflasi konsumen yang lebih besar di AS sebagai akibat dari biaya produksi yang lebih tinggi untuk perusahaan-perusahaan AS. Sangatlah penting bagi AS dan Cina untuk mencapai kesepakatan mengenai isu-isu penting termasuk hak kekayaan intelektual (HAKI), akses pasar, dan transfer teknologi usaha patungan jika mereka ingin mencegah konflik.

Peran Cina dalam Perang Perdagangan

Diyakini secara luas bahwa ekonomi Cina tidak akan terpengaruh oleh perang dagang ini. PDB RRT mencapai lebih dari $13 triliun pada tahun 2016, namun hanya $2 triliun yang dihasilkan melalui ekspor. Hanya sedikit perusahaan dan industri Tiongkok, yang hanya menyumbang 2,5% dari total ekspor Tiongkok ke AS, yang akan menderita sebagai akibat dari pengenaan tarif oleh AS dalam konflik perdagangan yang sedang berlangsung (Stratfor, 2018). Pada kenyataannya, sebagian besar barang yang diekspor RRT adalah barang setengah jadi yang diproduksi di luar negeri di kawasan Asia-Pasifik sebelum dirakit di RRT dan dijual sebagai barang jadi. Akibatnya, RRT adalah tempat berakhirnya rantai pasokan Asia. Menarik untuk dicatat bahwa RRT secara konstan dan efektif mengurangi ketergantungan ekonominya pada ekspor sejak krisis subprime. Sebagai contoh, Tiongkok mampu menurunkan persentase ekspor terhadap PDB dari 30% pada tahun 2007 menjadi sekitar 20% pada tahun 2017. Selain itu, Tiongkok telah berhasil menurunkan proporsi ekspor AS terhadap ekonominya dari 9% menjadi lebih dari 4% (Wyne, 2018). Hal ini menunjukkan tujuan China untuk menjadi kurang bergantung secara ekonomi pada AS, meningkatkan posisinya untuk lebih tegas mengkritik kebijakan luar negeri AS. Ada yang berpendapat bahwa RRT hanya mengenang masa lalu, terutama selama era Bretton Woods.

Upaya RRT saat ini sangat mirip dengan metode yang digunakan oleh negara-negara industri seperti AS ketika mereka berjuang untuk mengejar ketertinggalan mereka dari negara-negara lain. Sebagai contoh, AS saat ini menuduh RRT secara rutin melanggar HAKI untuk mendapatkan rahasia teknis. Namun, mirip dengan tuduhan yang dibuat terhadap AS oleh China, AS juga dituduh melakukan hal yang sama pada abad kesembilan belas oleh Inggris, pemimpin teknis dunia pada saat itu. Selain itu, seperti halnya Cina mempertahankan HAKI AS saat ini, AS pada abad kedelapan belas melindungi rahasia dagang pengusaha Inggris (Mallick, 2018). Konflik apa pun pasti akan berlarut-larut, tidak terorganisir, dan merugikan kedua belah pihak. Tidak ada lagi janji yang dibuat oleh perang dagang AS-RRT ini. Menurut Bloomberg, produksi di Cina dan AS akan lebih rendah di bawah skenario tarif saat ini dibandingkan dengan tanpa adanya perang dagang, masing-masing sebesar 0,5% dan 0,2%. Perang dagang ini berdampak pada produksi dunia yang juga akan menurun. Pada tahun 2021, Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) memperkirakan kerugian dari kenaikan produksi global sebesar $600 miliar, atau hampir 0,7% (Romans, 2019).

Pengaruhnya terhadap Amerika Serikat

AS juga terpengaruh oleh dampak perang dagang. Dampak kenaikan tarif hingga 25% pada pungutan impor untuk barang-barang Cina menyebabkan peningkatan biaya pembelian bagi pelanggan karena pengguna akhir yang membeli produk. Atau mungkin akan mengakibatkan penurunan pendapatan bisnis. Misalnya, bisnis seperti Walmart yang mengimpor barang-barang murah dan menjualnya ke pelanggan AS adalah yang paling dirugikan. Meningkatnya impor mungkin telah menyebabkan biaya melambung tinggi, sehingga tidak terjangkau oleh mereka yang berpenghasilan rendah. Kita juga harus bersyukur bahwa Tiongkok bukan lagi negara berkembang seperti 20 tahun lalu ketika sangat membutuhkan akses ke metode dan teknologi industri Barat. Sekarang, Tiongkok memiliki akses ke beberapa fasilitas industri terbaik di negara ini dan teknologi yang bermanfaat bagi seluruh dunia. Pada kenyataannya, AS tidak bisa mengabaikan pasar Tiongkok. Sebagai contoh, Boeing, yang saat ini mempekerjakan 150.000 orang, mengantisipasi ekspor pesawat senilai $1 triliun ke China selama 20 tahun ke depan. China juga merupakan pasar ekspor terbesar Apple untuk iPhone. Ketika persaingan mengancam untuk menggantikan produk dominan AS seperti Apple iPhone oleh Samsung, Boeing oleh Airbus, dan lain-lain, implikasinya bisa menjadi bencana.

4.2 The Game Theory

Tiongkok dan Amerika Serikat mungkin adalah dua kekuatan internasional yang paling penting saat ini. Karena signifikansi mereka yang sangat besar, keputusan yang diambil selama perang dagang ini akan berdampak pada dunia untuk waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, kita dapat berasumsi bahwa setiap negara akan berperilaku dengan cara yang paling masuk akal untuk memberi manfaat bagi seluruh planet ini.

Amerika Serikat akan kalah jika memutuskan untuk kalah dalam perang dagang. Hal ini agar China dapat mengambil keuntungan dari tarif yang diberlakukan. Hal yang sama juga berlaku untuk China jika memutuskan untuk mengurangi partisipasinya dalam pertikaian perdagangan. Oleh karena itu, terus terlibat dalam perang dagang adalah satu-satunya alternatif bagi China dan Amerika Serikat. Kedua negara telah mencapai Nash Equilibrium setelah mempertimbangkan masing-masing skenario ini. Hingga diplomasi berhasil membawa pemahaman bersama untuk mengakhiri perselisihan, kedua kekuatan global ini kemungkinan akan memperpanjang perang dagang dengan taktik yang sama.

Game Theory di balik Trade War

Untuk Amerika Serikat, hal ini dapat dibagi menjadi dua situasi. Mereka dapat mulai dengan mempertahankan tarif dan menekan penguatan yuan Tiongkok. Mereka mungkin juga akan mentoleransi kesenjangan perdagangan yang lebih luas yang disebabkan oleh China. Tiongkok memiliki dua pilihan jika Amerika Serikat memilih taktik ini. Mereka memiliki pilihan untuk mengapresiasi mata uang mereka dan tunduk pada tuntutan AS, atau mereka dapat memberlakukan tarif pada produk AS dan memulai perang dagang baru. Permainan perdagangan akan berhenti jika Amerika Serikat memilih opsi kedua dan tidak mengambil tindakan apa pun. Sebagai alternatif, China tidak dapat menanggapi pengenaan tarif oleh AS dengan cara apa pun. Kedua negara pada akhirnya akan mencapai Nash Equilibrium jika mereka terus menerapkan tarif satu sama lain dengan taruhan yang meningkat.

Game theory biasanya dapat meramalkan pola ekonomi makro yang lebih besar, tetapi hanya dapat meramalkan begitu banyak hal dalam skenario yang sebenarnya. Melompat ke depan dari awal tahun 2000-an, ketika perang dagang pertama kali terjadi, kita dapat mengamati pola peningkatan taruhan dalam konflik antara Amerika Serikat dan China. Sebagai contoh, pertimbangkan bulan Agustus di tahun 2019. Pada tanggal 23 Agustus, Komisi Tarif Bea Cukai Dewan Negara Tiongkok memungut pajak atas impor AS sebesar $75 miliar USD. Bea masuk yang sebelumnya dibebaskan untuk mobil dan suku cadang mobil AS diberlakukan kembali pada hari yang sama. Kemudian pada tahun ini juga, pada tanggal 1 September, AS membalas dengan mengenakan bea masuk atas impor China senilai lebih dari $125 miliar USD. Pada akhir Agustus, Tiongkok membalas dengan meningkatkan bea masuknya sebesar $75 miliar USD. (Alice Li, 2020)

4.3 Perdagangan dan ASEAN

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) didirikan pada tahun 1967 dengan tujuan untuk mengatasi masalah politik di wilayah tersebut. Seiring berjalannya waktu, ASEAN mengubah penekanannya pada integrasi ekonomi, menyadari nilai perdagangan dan jalur pelayaran untuk pertumbuhan. Sebuah langkah nyata untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan menumbuhkan budaya kewirausahaan di kawasan ini adalah dengan menciptakan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Perubahan penekanan ini terjadi bersamaan dengan pergeseran yang lebih signifikan dalam ekonomi dunia, dengan Asia Timur muncul sebagai pusat kegiatan yang signifikan. Kemampuan negara-negara anggota ASEAN untuk berpartisipasi dalam perdagangan internasional dimungkinkan oleh kemajuan teknis, akses ke pasar Barat, dan globalisasi, yang akan memacu kemakmuran regional di tahun-tahun mendatang.

Pergerakan yang signifikan di pusat ekonomi global menjauh dari negara-negara Atlantik Utara dan menuju Asia Timur. Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap perubahan ini. Salah satunya adalah perpindahan modal dan teknologi ke seluruh dunia. Faktor lainnya adalah perubahan kebiasaan konsumen dan perkembangan transportasi. Eksploitasi sederhana dari kelompok tenaga kerja yang cukup kompeten oleh pemerintah yang otoriter dan ramah pasar di Asia juga mendorong ekspansi kapitalisme. Kemampuan untuk menggunakan model pertumbuhan yang dipimpin oleh ekspor dimungkinkan oleh akses yang tak tertandingi ke pasar di negara-negara Barat, yang mungkin merupakan yang paling signifikan. (Westad, 2017)

Sejarah negara pulau ini, menurut Lee Kuan Yew, pendiri Singapura modern, dibangun di atas fondasi perdagangan internasional. Perkembangan Singapura merupakan cermin dari perkembangan negara-negara industri, termasuk ide, teknologi, bisnis, dan semangat mereka. Peti kemas, perjalanan udara, angkutan udara, komunikasi satelit, dan kabel serat optik antarbenua, semuanya berkontribusi pada kemajuan teknis Singapura (Lee KY, 2013). Dua anggota pendiri ASEAN lainnya dengan cepat mengadopsi strategi yang sama. Di sisi lain, ini merupakan kesempatan yang disia-siakan bagi negara-negara yang ekonominya masih tertutup dan memilih untuk tidak berpartisipasi dalam proses ini karena berbagai alasan. Pada saat mereka bergabung dengan ASEAN pada akhir 1990-an, pendapatan nasional bruto (PNB) per kapita Kamboja, Myanmar, Laos, dan Vietnam berfluktuasi sekitar USD 950.

Efisiensi komunitas ekonomi ini akan selalu terhambat, menurut para pengkritik ASEAN, selama ada kesenjangan ekonomi yang signifikan di antara negara-negara anggotanya. Sebagai contoh, GNI per orang di Singapura pada tahun 2018 adalah USD 58.770, yang sebanding dengan Swedia atau Irlandia. GNI per orang di Kamboja pada tahun 2018 hanya sebesar USD 1.380. Kesenjangan ekonomi di ASEAN lebih besar daripada di tempat lain, seperti yang baru saja kami sebutkan. Namun, angka-angka ini hanya mengungkapkan sebagian dari cerita. Sekitar dua belas tahun sebelum Singapura, Kamboja memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1953. Namun, alih-alih menerapkan kebijakan ekonomi yang efektif, negara ini gagal memanfaatkan keunggulan ini dan dengan cepat mengadopsi ekonomi komando yang direncanakan secara terpusat dan bukan ekonomi pasar.

Sementara Singapura telah bertransisi ke ekonomi yang bergantung pada perdagangan, Kamboja, yang dikecualikan dari perdagangan global dan kemajuan teknis, masih bergantung pada bantuan hingga aksesi ke ASEAN pada tahun 1999. Terlepas dari kekurangannya, ekonomi pasar telah mampu menciptakan masyarakat yang lebih adil dan berfungsi dengan baik dibandingkan dengan ekonomi terencana yang hanya memiliki sedikit keuntungan secara teoritis. Sebagai hasilnya, perdagangan telah berperan penting dalam membentuk masa depan banyak negara.

5. DISKUSI

5.1. Mengapa ekspor ASEAN sangat penting

            Perdagangan memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi negara-negara ASEAN, terutama dalam hal ekspor. Perdagangan internasional sangat penting bagi negara-negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti minyak dan gas karena dapat meningkatkan PDB nasional mereka. Bagi negara-negara yang baru merdeka, sangat penting untuk menghidupkan kembali dan menulis ulang perjanjian perdagangan di sepanjang jalur historis yang tersisa dari masa lalu kolonial. Industrialisasi yang berorientasi ekspor, seperti yang dilakukan oleh negara-negara seperti Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, dan Singapura, telah terbukti lebih berhasil daripada modernisasi yang didasarkan pada substitusi impor (Taylor, 2005). Pada awal abad ke-21, perkembangan Tiongkok telah menjadikannya sebagai salah satu mitra dagang utama ASEAN.

Bagi negara-negara ASEAN, model ekonomi yang dipimpin oleh ekspor telah menghasilkan kesuksesan yang luar biasa. Sebagai contoh, Thailand unggul dalam bidang tekstil dan bahkan mulai mengekspor kendaraan, Singapura menjadi kontributor yang signifikan terhadap teknologi global, Filipina mengembangkan ekonomi ekspor berbasis manufaktur, dan Malaysia muncul sebagai produsen besar barang-barang elektronik dan listrik.

Strategi yang berfokus pada ekspor ini membantu negara-negara ASEAN tidak hanya meningkatkan skala pendapatan dari tingkat pendapatan rendah ke menengah dan tinggi, tetapi juga membantu mereka menghadapi krisis keuangan dan kemerosotan ekonomi. Meskipun sangat terpengaruh oleh krisis keuangan Asia pada tahun 1997, ekonomi kawasan ini pulih dan terus tumbuh dengan cepat karena fokus mereka pada ekspor barang-barang manufaktur dan orientasi ke luar (Gerber, 2005).

5.2. Dampak Perang Dagang terhadap Ekspor ASEAN
           
Dua puluh tahun setelah krisis keuangan Asia tahun 1997, yang menyebabkan kehancuran di seluruh kawasan, ASEAN saat ini menghadapi tantangan ekonomi baru yang sangat sulit: konflik perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok serta dampaknya. Konflik perdagangan yang terus berlanjut antara dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia ini berbeda dengan krisis-krisis sebelumnya, karena konflik ini mengancam akan memberikan dampak yang paling besar bagi perekonomian ASEAN. Pada pertengahan tahun 2019, atau sekitar satu tahun setelah sengketa perdagangan dimulai, terbukti bahwa perang dagang telah merugikan ekonomi ASEAN dengan mengganggu rantai pasokan global, di mana ASEAN merupakan penghubung yang sangat penting. Akibatnya, ekspor dari negara-negara ASEAN mengalami penurunan setiap kuartal.

Ekspor Singapura pada Juni 2019 turun 17,3% dari bulan yang sama tahun lalu, menandai penurunan dua bulan berturut-turut. Hal ini berdampak langsung pada kinerja ekonomi Singapura, yang turun 3,4% dari kuartal sebelumnya. Indonesia, yang melihat RRT sebagai mitra ekonomi utamanya, juga melaporkan penurunan ekspor sebesar 8,98% dari waktu yang sama tahun lalu (Waswani, 2019). Karena penurunan pengiriman ke Tiongkok, ekspor Malaysia turun 3,1%.8 (Chin, 2019). Ekspor Thailand, yang bernilai sekitar $21,4 miliar pada Juni 2019, juga turun 2,15%.9 (TBN, 2019). Di negara-negara ASEAN lainnya, termasuk Filipina, Laos, Myanmar, dan Brunei, ekspor turun di bulan Juni 2019.  Dua anggota ASEAN, Vietnam dan Kamboja, mengalami peningkatan ekspor selama periode ini, meskipun sebagian besar negara ASEAN mengalami penurunan ekspor. Kedua negara tersebut mampu meningkatkan ekspor mereka sebagai hasil dari banyaknya bisnis yang memilih untuk memindahkan fasilitas manufaktur mereka dari Tiongkok yang terkena tarif ke kedua negara ini, atau mengalihkan barang mereka ke Amerika Serikat melalui Vietnam. Secara keseluruhan, mengingat kegagalan diskusi antara pejabat pemerintah AS dan Cina untuk menemukan resolusi perang dagang, situasi di ASEAN akan semakin memburuk pada kuartal ketiga 2019.

Jadi, ketika ekonomi kawasan ASEAN mengalami penurunan ekspor yang stabil, yang pada gilirannya terus mengganggu pertumbuhan ekonomi mereka secara keseluruhan, sebuah pola yang sudah tidak asing lagi mulai muncul. Tidak butuh waktu lama bagi tarif yang diberlakukan untuk memberikan dampak negatif pada ekonomi Tiongkok di luar ASEAN. Dalam satuan dolar, ekspor Tiongkok turun 1,3% dari tahun ke tahun selama paruh pertama tahun ini di bulan Juni 2019, sementara impor turun 7,3%. Negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini mengalami pertumbuhan ekonomi terburuk dalam lebih dari tiga dekade terakhir sebagai akibat dari perang dagang yang berlarut-larut dengan Amerika Serikat (He L, 2019). Dan terlepas dari ekspansi ekonominya, PDB Tiongkok telah menyusut ke titik terburuk dalam hampir tiga dekade terakhir. Terlepas dari kenyataan bahwa banyak negara, termasuk negara-negara di Zona Euro dan Uni Afrika, memuji pertumbuhan ekonomi tahunan Tiongkok sebesar 6,2%, para pemimpin negara ini tetap menaruh perhatian yang tinggi untuk menjaga agar 1,4 miliar warganya tetap bekerja dan merasa puas. Bagi generasi kelima kepemimpinan politik Tiongkok saat ini, perang dagang yang berlarut-larut tampaknya menjadi masalah ekonomi dan politik yang substansial.

5.3. Ekspansi ekonomi ASEAN melambat

Mungkin benar bahwa "When America sneezes, the world catches a cold," tetapi mungkin tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa hubungan ekonomi Cina-ASEAN juga terpengaruh. Jika ekonomi Cina melambat, negara-negara anggota ASEAN harus sangat memperhatikan situasi ini. Cukup masuk akal untuk mengasumsikan bahwa laju pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat di seluruh wilayah ASEAN akan terus berlanjut selama perang dagang berlanjut mengingat volume impor Tiongkok yang menurun dan volume ekspor ASEAN yang menurun. Seperti yang telah kami tunjukkan, konflik perdagangan yang berlarut-larut akan terus menghambat ekspansi ekonomi ASEAN.

Pertumbuhan PDB kawasan ASEAN akan lebih rendah dari yang diantisipasi pada tahun 2019, menurut Asian Development Bank. Perang dagang yang sedang berlangsung merupakan faktor utama dalam revisi terbaru dari statistik ini dari perkiraan awal pertumbuhan 4,9% menjadi 4,8% (Tomas J, 2019). Proyeksi tingkat pertumbuhan ekonomi ASEAN pada tahun 2018 adalah 5,3%. Sejak tahun 2009, RRT telah menjadi mitra dagang terbesar ASEAN, yang memperburuk masalah ini. Ketergantungan ekspor yang signifikan dari ASEAN terhadap Tiongkok. Namun, ada satu hal lagi yang perlu dipikirkan. Pada bulan Agustus 2019, ketika mata uang Tiongkok jatuh ke level terendah sejak 2008, jelas terlihat bahwa Tiongkok akan menggunakan mata uangnya sebagai senjata dalam perang dagang yang masih berlanjut.

Akibatnya, ada kemungkinan bahwa berbagai mata uang negara-negara ASEAN akan mengalami penurunan yang serupa dengan yuan. Contohnya, ringgit Malaysia dan rupiah Indonesia, dua mata uang yang secara konsisten berada di bawah tekanan pasar selama dua tahun terakhir, saat ini sangat dekat dengan posisi terendah dalam sejarah yang dicapai selama krisis keuangan Asia tahun 1997. Para ekonom mengkhawatirkan lebih dari sekedar ketergantungan negara-negara kecil pada mitra dagang mereka yang lebih besar di Asia untuk ekspor.

Di Uni Eropa, di mana sebagian besar ekonomi Eropa Tengah dan Timur telah mengintegrasikan diri mereka ke dalam rantai pasokan ekonomi terbesar di Eropa, Jerman, skenario yang sangat mirip dapat dilihat. Ekonomi Jerman yang berorientasi ekspor, yang memberikan penekanan signifikan pada pasar Tiongkok, adalah bukti betapa saling terhubung dan terhubungnya ekonomi dunia. Apa yang dimulai sebagai tarif yang secara eksklusif diterapkan pada barang-barang yang dibuat di Cina sekarang menjadi ancaman ekonomi yang serius bagi kawasan ASEAN dan sekitarnya.

Kesimpulan
            Hubungan internasional dan interaksi ekonomi antar negara dapat menyebabkan fluktuasi dan kerugian. Tiongkok dan AS, yang bersaing untuk menjadi negara dengan perekonomian terbesar di dunia, telah mengalami perang dagang yang menyebabkan masalah ekonomi bagi banyak negara. Keputusan Tiongkok dan AS selama perang telah berdampak pada dunia, yang mengarah pada praktik proteksionisme yang berdampak negatif pada ekonomi mereka. Hal ini khususnya menyebabkan kemunduran bagi perekonomian ASEAN.

Pertumbuhan ekonomi negara-negara ASEAN bergantung pada perdagangan terutama dalam hal ekspor. Efektivitas ekspor telah membantu mereka meningkatkan pertumbuhan, menghadapi krisis keuangan, dan mengatasi kemerosotan ekonomi. Namun, Perang dagang yang terjadi antara China dan AS telah merugikan ekonomi ASEAN dengan mengganggu rantai pasokan global, di mana ASEAN merupakan penghubung yang sangat penting. Akibatnya, ekspor dari negara-negara ASEAN mengalami penurunan setiap kuartal, ditambah lagi ada kemungkinan bahwa berbagai mata uang negara-negara ASEAN akan mengalami penurunan sehingga konflik perdagangan yang berlarut-larut ini akan terus menghambat ekspansi ekonomi ASEAN.

 

Refrensi:

Journals:

  1. Boltho, Andrea. (2020). Southern and Eastern Europe in the Eurozone: Convergence or divergence?. Baltic Journal of Economics 20: 74–93.
  2. Eddy Bekkers and Sofia Schroeter. (2020). An Economic Analysis of the US-China Trade Conflict. Economic Research and Statistics Division World Trade Organization.
  3. Mutiara Sari, Marselina, Neli Aida. (2021). Perang Dagang AS-Cina: Dampak Ekonomi Pada Negara Mitra Dagang AS-Cina. Jurnal Ilmu ekonomi dan Studi Pembangunan.
  4. Sitorus, Destri Sambara. (2021). Perang Dagang Amerika Serikat dan Tiongkok: Bagaimana Dampaknya Bagi Perekonomian Indonesia Tahun 2017 - 2020?. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha.

Books:

  1. Dawson, C. (2007). A Practical Guide to Research Methods is a user-friendly manual for mastering research techniques and projects (Third Edit). Oxford: How To Books.
  2. Gerber, J. (2005). International Economics. San Diego, USA: Pearson. Pp.14.
  3. Lee, K.Y. (2013). From the Third World to the First: Singapore And The Asian Economic Boom. New York, USA: Harper Collins Publishers. Pp.689.
  4. Taylor, R. H., Woodside, A., & Wyatt, D. K. (2005). The Emergence of Modern Southeast Asia: A New History. Honolulu, Hawai. USA: University of Hawai’i Press. Pp.383.
  5. Westad, O. A. (2017). The Cold War: A World History. New York, USA: Basic Books. Pp.555.

Websites:

  1. Alice Li. (2020). Game Theory and the US-China Trade War. https://streetfins.com/. [20 Juli 2023]
  2. Chin, J. (2019). June exports contract by 3.1 % to 76.17 b, lowest since February. www.thestar.com. [24 Juli 2023]
  3. Mallick PK. 2018, September. US-China trade war: analyses of deeper nuances and wider implications. Vivekananda International Foundation www.vifindia.org. [21 Juli 2023]
  4. Romans C. (2019). Here’s the worst-case scenario for the US-China trade war. CNN Business www.cnn.com. [15 Juli 2023]
  5. Stratfor. (2018). Opinion: with China tariffs, Trump barks but doesn’t bite. www.MarketWatch.com. [15 Juli 2023]
  6. Thailand Business News. (2019). Thai Exports down 2.91 % in the first half of 2019. www.thailand-business-news.com. [24 Juli 2023]
  7. Tomas, J. (2019). ASEAN growth slower than forecasted. www.theaseanpost.com. [24 Juli 2023]
  8. Waswani, K. (2019). New cracks in global economy as exports tumble. BBC https://www.bbc.com. [21 Juli 2023]
  9. Wyne A. (2018). The greater danger of U.S.-China trade tensions. The Diplomat (The Rand Blog) www.rand.org. [15 Juli 2023)

 

0 Comments

Leave a comment