loading...

Pentingnya Teknologi di Era Globalisasi

Oleh Daniel George

President University



Globalisasi merupakan proses historik inovasi manusia yang berkembang, salah satunya adalah teknologi. Banyak juga yang mengartikan globalisasi sebagai ketertarikan setiap orang di dunia baik di segi budaya, kebiasaan, ekonomi,dll. Yang dapat disimpulkan sebagai proses penyerapan budaya luar terhadap kehidupan yang akan memunculkan kebiasaan baru. Teknologi memainkan peran penting dalam globalisasi dan bergeraknya ekonomi dan kegiatan sosial. Teknologi telah sering dipelajari oleh para ekonom dengan alat analisis pasar yang kompetitif. Kemajuan teknologi merupakan alat pendorong utama dalam peningkatan pendapatan dan standar hidup. Ringkasnya, teknologi merupakan pendorong dari globalisasi itu sendiri. Contohnya:

 

  • Keterlambatan dalam menyampaikan informasi sebelumnya telah dipermudah dengan adanya internet dan media sosial. 

  • Adanya hambatan dalam perdagangan dipermudah dengan e-commerce, dll.


World Bank menemukan bahwa globalisasi teknologi telah “berkontribusi pada peningkatan tingkat produktivitas domestik di negara maju dan berkembang.” Teknologi dapat membantu menghasilkan barang dengan lebih efisien dan dengan lebih sedikit tenaga kerja, yang pada gilirannya membuat barang tersebut lebih murah dan memungkinkan bisnis untuk berkembang lebih cepat.

Tak hanya dalam bidang ekonomi saja, peran teknologi dalam pendidikan juga sangat penting. Para pelajar dipermudah dengan adanya internet dengan luasnya kursus-kursus yang bisa diikuti dari berbagai belahan dunia, sehingga pelajar tidak lagi harus bertemu di tempat yang sama. Teknologi digunakan untuk mengakses sesi dan materi (e-learning). Teknologi telah mampu menghilangkan hambatan pendidikan yang disebabkan oleh ruang dan waktu dan membangu dalam memperluas akses pembelajaran. 


Referensi


Daniel, Archibugi. Carlo, Pietrobelli. 1999. The Globalisation of Technology and its Implications 

for Developing Countries. Windows of Opportunity or Further Burden?

https://repositorio.cepal.org/bitstream/handle/11362/32989/S9900003_en.pdf

IMF, 2002. Globalization: Threat or Opportunity?

https://www.imf.org/external/np/exr/ib/2000/041200to.htm

Pankaj, Ghemawat. Harvard Business Review, 2016. People Are Angry About Globalization. 

Here’s What to Do About It

https://hbr.org/2016/11/people-are-angry-about-globalization-heres-what-to-do-about-it


0 Comments

Leave a comment