BAB I

PENDAHULUAN

1.1.Umum

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (FKMHII) dengan segala kesadaran dan keteguhan hati telah berhasil dan selesai menetepkan Pedoman Dasar Forum (PDF). Dalam rangka memberi arahan dan pedoman bagi pelaksanaan kerja FKMHII, perlu adanya Garis – Garis Besar Haluan Forum (GBHF) yang diwujudkan dalam Sidang Forum FKMHII dan rapat koordinasi wilayah. Keseluruhan arahan dan pedoman yang ada merupakan proses berkesinambungan dan pembaharuan pelaksanaan aktivitas dan kinerja di dalam FKMHII.

Garis – garis Besar Haluan Forum (GBHF) adalah pedoman untuk merancang program kerja sebagai hasil suatu kajian yang dilakukan sidang forum FKMHII dan merupakan cermin pernyataan kehendak keinginan kepentingan serta kebutuhan anggota FKMHII.

1.2.Maksud dan Tujuan

  • Mencerdaskan mahasiswa hubungan internasional di seluruh Indonesia khususnya di universitas-universitas yang merupakan anggota FKMHII.
  • Membangun kepercayaan terhadap masyarakat, media, dan pemerintah.
  • Membangun kemitraan dengan lembaga yang berhubungan dengan studi hubungan internasional seperti; Kementrian Luar Negeri (KEMLU), PBB, MNCs, dan NGOs.

1.3.Landasan

Garis – garis Besar Haluan Forum (GBHF) berlandaskan pada Pedoman Dasar Forum (PDF) yang dihasilkan dalam Sidang Forum FKMHII.

1.4.Asas

    • Asas manfaat

Segala kegiatan yang dilakukan FKMHII dapat bermanfaat bagi mahasiswa/i hubungan internasional dan masyarakat.

    • Asas Kebersamaan

Usaha untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan pengembangan FKMHII merupakan usaha bersama forum dan mahasiswa hubungan internasional se-Indonesia yang dilakukan bersama civitas akademika dan pihak terkait.

    • Asas Keterbukaan

FKMHII bersifat terbuka dan memberi peluang untuk bekerja sama dengan pihak manapun sesuai dengan koridor yang telah disepakati oleh anggota.

    • Asas Demokrasi

Untuk mencapai tujuan FKMHII dengan semangat demokrasi menjunjung tinggi proses musyawarah untuk mencapai kata mufakat.

    • Asas Ilmu Pengetahuan

Bahwa FKMHII bergerak atas dasar ilmu pengetahuan khususnya yang berhubungan dengan ilmu hubungan internasional untuk mendorong pemanfaatan, pengembangan, dan penguasaan ilmu secara seksama dan bertanggung jawab.

BAB II

KONDISI UMUM

2.1. Kondisi Internal

2.1.1. Anggota FKMHII

Dalam kenyataannya anggota FKMHII memang memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda – beda (plural) baik dalam letak dan keberadaan wilayah, budaya kemasyarakatan, serta agama, sehingga menunjukkan adanya masalah dalam komunikasi dan koordinasi antar anggota yang ada.

2.1.2. Sistem FKMHII

Semakin meningkatnya proses pembentukan sistem komunikasi dan keilmuan yang diterapkan oleh FKMHII menuntut setiap anggota FKMHII untuk meningkatkan profesionalisme dalam mengembangkan diri baik dalam bidang akademis maupun non akademis.

Adapun agenda untuk menjawab hal diatas ternyata masih juga muncul permasalahan– permasalahan yaitu:

  • Pengetahuan anggota FKMHII tentang sejarah forum komunikasi kurang
  • Kurangnya pemahaman anggota tentang tujuan, visi, dan misi dalam FKMHII
  • Anggota belum mampu mengembangkan diri dan menunjukkan kreativitas dan inisiatif dengan tugas dan wewenang yang ada.
  • Animo anggota dalam kegiatan koordinasi dan evaluasi kurang
  • Hasil evaluasi belum dimaksimalkan sebagai instrumen pengendali
  • Pengelolaan administrasi kurang terkoordinasi secara baik dan rapi
  • Belum adanya time schedule program kerja
  • Upaya forum untuk peningkatan kinerja forum sangat kurang.
  • Pengetahuan anggota FKMHII tentang mekanisme sidang dalam forum komunikasi kurang
  • Fungsi komunikasi antar wilayah berjalan dengan kurang baik

2.2 Kondisi Eksternal

Sikap dan kondisi lingkungan eksternal FKMHII dalam aspek pemerintah, sosial kemasyarakatan, kultural, lingkungan dan pendidikan telah banyak mengalami perubahan, sehingga peran serta FKMHII sebagai sebuah forum yang terdiri dari institusi – institusi keilmuan hubungan internasional dalam rangka member sumbangsih nyata terhadap bangsa, negara, dan lingkungan internasional. Hubungan FKMHII dengan institusi terkait masih kurang mendapatkan dukungan dan hubungan yang baik dari pihak eksternal.

BAB III

PEDOMAN PELAKSANAAN PROGRAM KERJA

Mengacu kepada konsep manajemen, setiap kegiatan FKMHII harus direncanakan untuk kepentingan bersama dalam bentuk yang aktual, terorganisir, terstruktur, dan terevaluasi setelah kegiatan dilaksanakan.

3.1. Pola Umum Kegiatan Jangka Panjang

3.1.1. Tujuan

Tujuan dari pola umum kegiatan jangka panjang adalah agar program yang dijalankan FKMHII tetap pada jalur yang telah ditentukan untuk mewujudkan tujuan FKMHII yang dimanifestasikan dalam Pedoman Dasar Forum (PDF).

3.1.2. Sasaran Umum

Pengembangan FKMHII secara internal dan eksternal, baik ditingkat nasional maupun tingkat internasional dengan maksud agar rangkaian program jangka panjang dapat direalisasikan dan dijadikan tolak ukur keberhasilan program yang dimaksud.

3.1.3. Sasaran khusus

Sasaran khusus program jangka panjang diarahkan untuk menciptakan dinamika pengembangan FKMHII sebagai kebutuhan eksistensial. Adapun sasaran pengembangan dinamika forum, terdiri dari:

  1. Reformasi kerangka basis dinamika forum.
  2. Sosialisasi organisasi serta pengembangan sistem informasi pendukung.
  3. Optimalisasi sumber daya FKMHII.
  4. Pengembangan kemitraan dalam kerangka nasional dan internasional.

3.2. Pola Umum Kegiatan Jangka Pendek

3.2.1. Tujuan
  1. Membangun peran aktif anggota FKMHII untuk merumuskan resolusi yang dapat membantu pemerintah dalam perumusan kebijakan isu-isu terkait.
  2. Adanya usaha untuk memperjelas garis epistomoligis dan ontologis studi hubungan internasional berada pada studi politik, studi sosial, atau berdiri sendiri sebagai studi yang mandiri.
  3. Adanya kontribusi nyata FKMHII kepada masyarakat di setiap pertemuan nasioal.
  4. Tercapainya hubungan baik dengan instansi pemerintah dan instansi terkait.
3.2.2. Tantangan yang Harus Dihadapi
  1. Tidak pernah jelasnya hubungan antara FKMHII dengan instansi pemerintah terkait sehingga membuat resolusi yang telah disepakati tidak pernah dipertimbangkan sebagai masukan-masukan membuat kebijakan.
  2. Kondisi yang berbeda-beda di setiap universitas dalam menilai studi Hubungan Internasional sehingga tidak pernah tercipta sinkronisasi kemandirian studi.
  3. Masih adanya ketimpangan informasi dan ilmu pengetahuan sesama anggota FKMHII.
  4. Penerapan dan perkembangan studi Hubungan Internasional yang dinamis.
  5. FKMHII sebagai forum belum secara optimal menjalankan peran dan fungsinya.

BAB IV

ARAH KEBIJAKAN

4.1.Komunikasi, Informasi dan Media Masa

4.1.1. Internal
  • Mempererat dan memelihara hubungan yang harmonis dan selaras antar Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia yang tergabung dalam FKMHI.
  • Menerapkan prinsip kesetaraan serta menjunjung tinggi rasa solidaritas antar Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia.
  • Ikut serta dan aktif dalam melaksanakan agenda yang telah ditetapkan forum Mahasiswa Hubungan Internasional dari masing-masing Korwil secara intensif yang mengacu kepada prinsip persatuan dan kesatuan.
4.1.2. Eksternal
  • Meningkatkan pemanfaatan peran komunikasi melalui media massa dalam mempublikasikan secara optimal segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh FKMHII.

4.2.Edukasi/Kelimuan:

4.2.1. Internal:
  • Diskusi ilmiah memperhatikan esensi keilmuan dan mempertimbangkan hal yang dapat membawa dampak positif untuk akhirnya diimplementasikan kepada masyarakat.
  • Joint Statement Forum sebagai bentuk usaha mahasiswa Hubungan Internasional dalam mengkaji fenomena hubungan internasional untuk menghasilkan rekomendasi yang konstruktif bagi pemerintah.
  • SDC bertujuan untuk memberikan pengetahuan secara teori dan praktik berdiplomasi. Untuk itu durasi pelaksnaan SDC hendaknya diperpanjang sehingga output yang dihasilkan melalui SDC dapat optimal.
  • Menjadikan SF lebih mengarah kepada pembentukan forum yang kritis, efektif dan efisien dalam menyampaikan pendapat dan sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan.
4.2.2. Eksternal:
  • Meningkatkan kegiatan edukasi yang ditujukan untuk masyarakat umum, seperti seminar nasional maupun internasional, lokakarya, dan diskusi publik.
  • Meningkatkan dialog emansipatoris dengan stakeholders dalam masyarakat misalnya dengan pejabat publik, LSM dan lain-lain, untuk membahas isu-isu terkait di masyarakat,

4.3.Sosial

  • Pengabdian pada masyarakat; Memberdayakan ilmu serta skill nyata kepada masyarakat dalam usaha menegaskan esensi pengabdian kepada masyarakat.
  • Aksi sosial/ kemanusian; Mengadakan program kerja di setiap koordinator wilayah yang mampu memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat.

4.4.Pemerintah

  • Memberikan rekomendasi – rekomendasi yang visioner, spesifik, dan feasible.
  • Adanya pengawalan hasil dari rekomendasi tersebut yang dilakukan khususnya oleh tuan rumah penyelenggara dan dibantu oleh koordinator wilayahnya.
  • Menjembatani pemerintah dengan masyarakat baik dalam menyosialisasikan kebijakan pemerintah maupun aspirasi masyarakat yang dilakukan dalam konteks akademis.

BAB V

KAIDAH PELAKSANAAN

Sebagai pola dasar program kerja dalam aktivitas forum serta agar mudah dalam melakukan pengawasan dalam proses pelaksanaannya dan pada akhirnya nanti dapat dilakukan evaluasi sejauh mana keberhasilannya, maka diperlukan adanya suatu kaidah pelaksanaan program kerja yang memuat rumusan jenis kebijakan yang hendak dicapai. Rumusan jenis kebijakan ini merupakan ketentuan-ketentuan forum yang nantinya akan menjadi sebuah acuan dalam penentuan sebuah keputusan, kebijakan-kebijakan tersebut meliputi:

5.1.KEBIJAKAN INTERNAL

5.1.1. PNMHII

PNMHII atau Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia adalah salah satu dari jenis Pertemuan Nasional yang telah diatur dalam Pedoman Dasar Forum (PDF) Pasal 26 ayat 2. Dalam PDF diatur mengenai mekanisme dan aktivitas dalam Sidang Forum PNMHII untuk membahas, menentukan, dan mengevaluasi program kerja FKMHII. Kaidah pelaksanaan acara dalam PNMHII berpedoman dalam pengembangan dinamika FKMHII (terlampir).

5.1.2. PSNMHII

PSNMHII atau Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia adalah salah satu dari jenis Pertemuan Nasional yang telah diatur dalam Pedoman Dasar Forum (PDF) Pasal 26 ayat 2. Dalam PDF diatur mengenai mekanisme dan aktivitas dalam Sidang Forum PNMHII untuk membahas, menentukan, dan mengevaluasi program kerja FKMHII. Tuan Rumah penyelenggara PSNMHII diwajibkan untuk menyelenggarakan seminar yang berbasis komunikasi dan keilmuan Hubungan Internasional.

5.2. KOORDINASI WILAYAH

Setiap korordinasi wilayah memiliki otoritas untuk menyusun dan melaksanakan program kerja yang secara ideal mencakup bidang-bidang sebagai berikut:

  1. Edukasi
  2. Sosial dan Lingkungan
  3. Budaya dan Olah Raga
  4. Komunikasi dan Informasi

5.3.KEBIJAKAN EKSTERNAL

Garis kebijakan eksternal FKMHII meliputi:

5.3.1. GARIS KEBIJAKAN TERHADAP PEMERINTAH

FKMHII akan terlibat atau berperan aktif dalam memantau, merekomendasikan, serta mengkritisi kebijakan dan posisi pemerintah secara kritis dan konstruktif yang berkenaan dengan fokus studi Hubungan Internasional.

5.3.2. GARIS KEBIJAKAN TERHADAP PARTAI POLITIK ATAU GOLONGAN POLITIK

FKMHII secara keras tidak akan pernah terlibat dan berperan aktif dengan kegiatan yang bersinggungan dengan partai politik tanpa terkecuali. Hal tersebut didasarkan alasan bahwa kepentingan yang dibawa oleh partai politik adalah bersifat sementara dan biasanya bersifat menguntungkan golongan tertentu.

5.3.3. PENGABDIAN TERHADAP MASYARAKAT

Di setiap Pertemuan Nasional FKMHII dianjurkan untuk melaksanakan kegiatan riil yang berbasis pada pengabdian kepada masyarakat. Adapun mekanisme pelaksanaan diserahkan kepada tuan rumah Pertemuan Nasional FKMHII.

BAB VI

PENUTUP

Garis-garis Besar Haluan Forum ini disusun dan ditetapkan dalam Sidang Forum PSNMHII XXIX yang diharapkan dapat menjadi pedoman bagi pelaksanaan kegiatan FKMHII sebagai perwujudan visi, misi, dan tujuan FKMHII.

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

shop giày nữthời trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nutạp chí phụ nữhardware resourcesshop giày lườithời trang nam hàn quốcgiày hàn quốcgiày nam 2015shop giày onlineáo sơ mi hàn quốcf5 fashionshop thời trang nam nữdiễn đàn người tiêu dùngdiễn đàn thời trang