MERAJUT PERDAMAIAN MELALUI AMUN 2019

Airlangga Model United Nations 2019 atau yang akrab disebut dengan AMUN 2019 merupakan suatu simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Universitas Airlangga. Kegiatan tahunan ini terbuka untuk khalayak akademisi dari tingkat menengah atas hingga perguruan tinggi. Tahun ini, AMUN mengusung tema “Constructing Perpetual Peace, Together”, yang didasari atas konsep perdamaian dan upaya pencapaian resolusi atas konflik internasional yang mempertimbangkan kesejahteraan dan hak asasi manusia di seluruh dunia. Dengan demikian, topik dari tiap konsil yang ditetapkan dalam acara ini pun koheren dengan ide dan tema besar yang dijunjung yang di antaranya: pertama, United Nations Security Council (UNSC) mengambil topik mengenai keputusan Amerika Serikat dan Rusia yang riskan pasca keluar dari traktat Intermediate-range Nuclear Forces (INF) pada Februari lalu. Konsil kedua, Social, Humanitarian, and Cultural Committee (SOCHUM) mengambil topik yang membahas mengenai deskriminasi atas hak-hak masyarakat sipil di tengah berlangsunya konflik Israel-Palestina. Konsil ketiga, United Nations Human Rights Council (UNHRC) membahas mengenai posisi dilematis tentara anak-anak yang terlibat dalam perang di negara Afrika. Kemudian yang terakhir ialah Press Corps yang bertugas memantau perkembangan isu dan meliput kegiatan tiap konsil. 

Acara yang diselenggarakan selama 3 hari ini mulai dari Jumat 3 Mei hingga Minggu 5 Mei bertempat di salah satu hotel prominen dan bersejarah di Surabaya, yakni Hotel Majapahit. Rangkaian acara dimulai pada 3 Mei 2019 dengan pembukaan seremonial AMUN 2019 yang dilanjutkan dengan penampilan salah satu talenta persembahan HIMAHI Universitas Airlangga, yakni Tari Saman dan sesi expert talk oleh Diovio Alfath dari Sandya Institute. Pada sesi diskusi dan tukar pikiran dengan expert talk berjalan substansif dan reaktif, dengan partisipasi delegates yang antusias dalam melontarkan pertanyaan seputar kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia. Di hari berikutnya yakni Sabtu 4 Mei, rangkaian acara AMUN 2019 dipenuhi dengan program inti yakni committee session. Berbeda dengan tahun sebelumnya, AMUN 2019 ini memiliki hanya 5 commitee session dengan tujuan agar lebih padat dan proporsional. Tiap konsil menjalankan sesi ini dengan diarahkan oleh masing-masing 3 chairs untuk memanuver jalannya debat.

Memasuki commitee session, setiap delegates mengutarakan pendapatnya dengan antusias terkait isu yang dibahas sesuai dengan stansi atau posisi dari point of view negaranya masing-masing. Seluruh commitee session berjalan dengan terkendali. Terlebih lagi pada hari kedua pelaksanaan AMUN 2019 ditutup dengan perhelatan gala dinner juga di Hotel Majapahit diiringi dengan penampilan tarian dari talenta HIMAHI Universitas Airlangga lain, yakni IR Hip Hop dan band dari Fakultas Kedokteran UNAIR, Overjoy. Memasuki penghujung acara, beragam penghargaan sebagai bentuk apresiasi panitia ditujukan kepada delegates beserta seluruh chairs yang partisipasinya sangat suportif dalam berkontribusi demi kesuksesan AMUN 2019.Testimoni dan feedback dari para peserta sebagai delegates dari tiap konsil cenderung positif dalam merespon secara terbuka atas progresifitas AMUN tahun ini dari tahun sebelumnya. Tema, konsil, topik, dan chairs sebagai komponen krusial dalam acara ini juga dianggap relevan dengan isu-isu politik global yang sedang terjadi dan diadakan secara komprehensif dan kondusif dengan peran chairs yang inklusif bagi tidak hanya delegates yang tidak asing dengan kegiatan Model United Nations (MUN) tetapi juga delegates yang awam sekalipun.

AMUN 2019 sekali lagi membuka prospek yang inventif bagi pelaksanaan AMUN untuk tahun-tahun mendatang, layaknya AMUN generasi-generasi sebelumnya. Sebagai penutup, kami mengundang untuk temen-temen semuanya untuk turut hadir menjadi bagian dalam pelaksanaan AMUN 2020 di tahun mendatang!

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search