Student Journal Korwil 1: INDONESIAN POLITICS AFFECT INTERNATIONAL ECONOMIC BEHAVIOUR

NAMA : YANDAREAS SIANTURI

NIM : 07041381823157

ASAL : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

 

            Indonesia merupakan suatu negara yang sistem politik dan pemerintahannya bersifat fundamental yang artinya prinsip negara tersebut beralaskan realitas. Dengan berasaskan ideologi Pancasila, struktur tubuh pemerintahan Indonesia secara harfiah telah terbentuk secara sempurna dan mendetail terlebih lagi dalam ruang lingkup politik. Dan tentunya, kehidupan politik bangsa Indonesia telah tersusun untuk menyongsong masa depan Negara Indonesia.

Ditinjau dari segi politik, Indonesia tentu banyak menjalin hubungan atau relasi dengan negara-negara besar di dunia. Menjadi anggota Perserikatan Bangsa Bangsa menjadi salah satu bukti nyata bahwa Indonesia sangat mengedepankan relasi politiknya dengan negara-negara lain. Indonesia bisa dibilang salah satu negara di Indonesia yang memiliki mind set bahwasanya kondisi politik, ekonomi serta pertahanan harus berimbang sesuai dengan porsinya.

Lantas, apakah hubungan atau relasi yang dibangun oleh Negara Indonesia berdampak terhadap kondisi perekonomian internasional?

Menjadi pendiri organisasi ASEAN merupakan salah satu langkah bijak yang telah diambil oleh Negara Indonesia. Yang mana ASEAN merupakan organisasi negara-negara se Asia Tenggara yang menjalin kerjasama dalam semua bidang terkhusus dalam bidang ekonomi. Hal ini mengingat bahwasanya ASEAN didominasi oleh negara-negara berkembang yang memiliki sumber daya alam yang berpotensi untuk dikembangkan.

Peranan Negara Indonesia sendiri didalam ruang lingkup ASEAN ternyata sangat memadai bagi anggota kelompok negara tersebut. MEA yang merupakan singkatan dari Masyarakat Ekonomi Asean mendapat dukungan penuh dari Negara Indonesia. MEA merupakan unit yang bergerak atas dasar pengelolaan sumber daya alam yang tersedia. Semenjak kehadiran MEA, kegiatan perekonomian antar negara ASEAN tidak lagi terhambat seperti dulu bahkan bisa memberikan dampak positif yang lebih seperti membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas.

Bergeser ke ruang lingkup yang lebih besar, Indonesia menjadi anggota Asean Pasific Economic Coorporation atau yang biasa disebut APEC. Salah satu peran penting yang pernah dilakukan oleh Negara Indonesia ialah dengan menjadi Tuan Rumah KTT APEC pada tahun 1944 yang bertempat di Kota Bogor. Menjadi tuan rumah, memberikan tempat untuk menyelenggarakan konferensi boleh disebut sebagai bentuk nyata pengaruh relasi politik Negara Indonesia terhadap Perekonomian Internasional. Karena setelah KTT tersebut berlangsung, pasti melahirkan suatu kebijakan serta keputusan mengenai bidang ekonomi internasional.

Lebih lanjut, Negara Indonesia juga menjadi salah satu anggota International Monetary Fund atau IMF. IMF sendiri merupakan organisasi yang memiliki tujuan dominan kearah perdagangan yang secara langsung dan tidak langsung juga berdampak ke ruang lingkup ekonomi internasional. Hubungan ekonomi yang terjadi boleh berbentuk hubungan dagang maupun dalam bentuk kerjasama ekonomi lainnya.

Sebagai Negara Agraris, tentunya sudah menjadi kewajiban bagi Negara Indonesia untuk bergabung di dalam organisasi pangan internasional yaitu Food and Agriculture Organization atau FAO. FAO merupakan organisasi yang berfokus ke bidang pangan dan pertanian di seluruh dunia. Dengan menjadi salah satu anggota yang memiliki sumber daya alam yang potensial dan berlimpah, tentu Negara Indonesia berperan penting dalam mempengaruhi kondisi perekonomian internasional.

Dalam kondisi relasi yang begitu banyak dijalin oleh pihak pemerintah, tidak perlu diragukan lagi bahwa politik Negara Indonesia sangat besar perannya dalam perekonomian internasional. Bahkan jika ditelusuri lebih dalam lagi, akan lebih banyak bidang-bidang tertentu yang mendapat dampak positif dari kegiatan politik Indonesia terhadap negara-negara lainnya.

Tentunya, dalam jangka waktu ke depan kontribusi yang diberikan Negara Indonesia dalam kehidupan internasional harus lebih ditingkatkan mengingat perkembangan yang dialami oleh Negara Indonesia terlebih infrastrukturnya yang sangat pesat dapat membantu setiap kegiatan dan tindakan yang diambil oleh Negara Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Syahid, Muhammad. “Peran Indonesia dalam Kerjasama Ekonomi Antar Negara”. http://pustakauntuksemua.blogspot.com/2016/11/peran-indonesia-dalam-kerja-sama.html

Gabriela. “12 Wujud peran Indonesia dalam ASEAN dan manfaatnya”. https://materiips.com/peran-indonesia-dalam-asean

 

 

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search