Gelitik Cerita Batik Aceh

batik aceh

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya dengan cara mengaplikasikan malam di atas permukaan kain, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik telah menjadi identitas negara Indonesia. Bahkan, batik telah terkenal di dunia internasional. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia belum mengetahui bahwa Aceh juga memiliki batik, seperti halnya Jawa.

Desa Meusanah Manyang di Kabupaten Aceh Besar dikenal sebagai sentra batik di provinsi tersebut. Sebagian besar masyarakat mengenakan Batik Aceh baik dalam kegiatan formal maupun non-formal. Penggalakan Batik Aceh dilakukan oleh pemerintah Aceh selepas tsunami pada tahun 2004 silam melalui pembinaan kepada masyarakat.

Sejarah Batik Aceh diyakini berasal dari pedangan yang dating dari pulau Jawa. Motif dari Batik Aceh terlihat unik dan khas karena menggunakan unsur alam dan budaya Aceh dalam paduan warnanya. Warna yang digunakan pada Batik Aceh lebih dominan pada warna-warna cerah seperti merah, hijau, kuning, biru, dan sebagainya. Hal inilah yang memberi kesan unik dan glamor.

Motif batik Aceh pun tidak sembarangan. Setiap batik Aceh memiliki makna dan filosofinya luhur yang menjadi kearifan budaya lokal serta pedoman hidup bagi masyarakat Aceh. Beberapa motif yang dimiliki Batik Aceh ialah motif tolak angin, motif pintu Aceh, motif bunga jeumpa, motif awan meucanek, dan lain-lain. Jarang sekali ditemukan motif binatang dalam Batik Aceh. Hal ini dikarenakan keyakinan dan kentalnya pengaruh agama Islam dalam kehidupan masyarakat Aceh. Masyarakat Aceh memegang kuat keyakinan bahwa apapun bentuk yang dapat menyerupai makhluk hidup itu dilarang.

Batik Aceh membuat kekayaan budaya batik di Indonesia semakin beragam dan menarik. Motifnya yang penuh makna dengan warna cerah yang berani layak mendapat tempat di dunia internasional seperti batik Jawa pada umumnya.

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search