Press Release Debat Ilmiah FKMHII Korwil II 2017, Universitas Paramadina

Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan International Indonesia (FKHMII) Koordinasi Wilayah II telah sukses menyelenggarakan kembali kompetisi debat ilimah yang sempat terhenti pelaksanaannya selama 4 tahun terakhir. Kompetisi debat ilmiah pada tahun ini dilaksanakan di Universitas Paramadina, Jakarta pada tanggal 26 – 27 September 2017. Adapun sistem debat pada tahun ini menggunakan sistem debat Parlemen Inggris (British Parliamentary system), di mana sistem ini sudah lumrah digunakan dalam kompetisi debat ilmiah antar universiatas yang ada di dunia.

Untuk tema besarnya panitia penyelenggara mengangkat tema “Pemuda Kreatif Beretorika sebagai Pejuang Diplomasi Indonesia”. Sedangkan mosi-mosinya akan tetap memakai isu-isu internasional yang meliputi isu lingkungan, isu kemanusiaan, isu kaum minoritas, dan isu-isu keamananan.

Sesuai dengan tema, acara ini diharapkan memberi kontribusi dan kesadaran bahwa sebagai pejuang pemuda mahasiswa Hubungan Internasional harus bisa mengutarakan argumen yang logis, lugas, dan tentunya bisa diterima oleh lawan bicaranya. Di samping itu, beretorika menjadi kebutuhan utama ketika para pejuang diplomasi muda ini memegang tanggung jawab untuk menjadi diplomat Indonesia ke depannya. Sehingga dengan adanya  ajang ini diharapkan bisa membantu melancarkan proses para mahasiwa untuk bernalar kritis demi terbentuknya argumen-argumen yang berlandasan analisa-analisa yang tepat

Pada hari pertama, pembukaan kompetisi debat ilmiah dihadiri dan dibuka langsung oleh Presidium Nasional FKMHII Korwil II 2017 dan juga Rektor Universitas Paramadina. Usai dilaksanakannya pembukaan, acara dilanjutkan dengan proses debat babak penyisihan sebanyak 6 sesi guna memperoleh 8 tim terbaik yang akan melaju pada babak semifinal esok hari. Setelah seluruh sesi babak penyisihan yang cukup sengit usai dilaksanakan, 8 tim yang berhasil lolos ke babak semifinal adalah Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Kristen Indonesia (UKI), Universitas Paramadina A, Universitas Paramadina (C), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ), Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama) ( UPDM (B) ) dan President University (PU).

Pada Hari kedua, kompetisi debat ilmiah FKMHII Korwil II 2017 memasuki tahap semifinal, dimana mosi yang diangkat adalah isu “War zone” atau isu keamanan. Setelah debat babak semifinal yang mempertemukan 8 tim tersebut  berakhir, Delegasi Universitas Paramadina (C), Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama), President University lolos dan beradu argument serta pemikiran dengan mosi “Sebagai Pemerintah Indonesia, dewan ini mengutuk kejahatan yang dilakukan rezim Aung San Suu Kyi terhadap etnis minoritas Rohingya” dibabak Grandfinal. Perdebatan yang terjadi pada babak grandfinal pun sangat menarik, semua tim mengutarakan argument-argumen yang sangat menarik dan membuat dewan juri harus berfikir keras dalam menentukan siapa yang akan keluar menjadi juara dalam kompetisi debat ilmiah FKMHII Korwil II 2017.

Selain  memfasilitasi kompetisi debat ilmiah FKMHII Korwil II 2017, rekan-rekan panitia penyelanggara dari HIMAHI Universitas Paramadina turut menyelenggarakan kegiatan workshop debat untuk seluruh delegasi dengan tujuan memperkaya atau memperdalam pemahaman delegasi dalam kompetisi debat.

Rangkaian acara terakhir dalam kompetisi debat ilmiah FKMHII Korwil II 2017 ini adalah Closing Ceremony dimana seluruh delegasi, panitia dan tamu undangan menikmati makan malam prasmanan bersamaan dengan diiringi penampilan Live acoustic. Pada akhir rangkaian Closing Ceremony ini ketua dewan juri mengumumkan pemenang baik kategori individu berupa (Top 5 Best Speakers) maupun tim juara. Delegasi President University keluar menjadi Juara I, Delegasi Universitas Bina Nusantara keluar sebagai juara II serta delegasi Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama) sebagai juara III dan Delegasi Universitas Paramadina (C) sebagai juara harapann.

Universitas Paramadina khusunya Himpunan Mahasiwa Hubungan International (HIMAHI) Universitas Pramadina mengucapkan terimakasih banyak atas kepercayaan dan kehormatan yang telah diberikan oleh FKMHII Korwil II dalam pelaksanaan debat ilmiah tahun ini, semoga kedepannya debat ilmiah FKMHII Korwil II dapat terus dilaksanakan dan semakin meningkatkan kualitas mahasiswa Hubungan Internasional dalam menyiapkan dan mengutarakan serta mempertahankan argumentasi. SAMPAI JUMPA DI ACARA BERIKUTNYA!

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

shop giày nữthời trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nutạp chí phụ nữhardware resourcesshop giày lườithời trang nam hàn quốcgiày hàn quốcgiày nam 2015shop giày onlineáo sơ mi hàn quốcf5 fashionshop thời trang nam nữdiễn đàn người tiêu dùngdiễn đàn thời trang