Apakah dunia pendidikan itu harus membendung pemikiran ideologi atau membuka ide tersebut dengan segala konsekuensinya?

1501502040585

Oleh : Ferdian Ahya Al Putra – HI FISIP UNS

Menurut saya, pendidikan harus membuka ide tersebut dengan segala konsekuensinya. Karena, setiap negara memiliki ideologi yang dianut dalam sistem pemerintahannya. Untuk itu dengan dibukanya ide tersebut, bertujuan untuk menyebarkan ide – ide tersebut melalui pendidikan, dimana pelajar sebagai sasaran utama. Alasan pelajar sebagai sasaran utama karena, pelajar merupakan kaum terdidik yang kritis terhadap isu – isu politik. Walaupun dalam perjalanannya akan menciptakan kontroversi dikalangan masyarakat jika terdapat pelanggaran hak – hak yang dilakukan oleh ideologi terserbut, namun setidaknya tindakan tersebut merupakan upaya untuk membentuk mindset masyarakat, khususnya pelajar tentang kebaikan ideologi tersebut terhadap kesejahteraan rakyat. Pola pikir yang kuat terhadap suatu hal sering disebut dengan vested interest atau kepentingan yang tertanam kuat.

Dengan demikian, masyarakat tidak mudah dipengaruhi dan diprovokasi oleh ide – ide baru dan ide – ide baru akan sulit berkembang dalam masyarakat. Dengan adanya kepentingan yang tertanam kuat terhadap ideologi negaranya, masyarakat akan menganggap bahwa ideologi yang selama ini menjadi fondasi negara merupakan ideologi yang paling baik dibandingkan dengan ide – ide lain. Masyarakat akan skeptis terhadap ideologi baru dan menganggap bahwa ide tersebut merupakan gagasan dari orang – orang yang menggerakkan gerakan radikal dan separatis terhadap negaranya. Alasan lain kenapa pendidikan harus membuka ide tersebut ialah, karena pendidikan merupakan suatu yang paling dasar dan utama bagi seseorang untuk menuntut ilmu dan pemahaman tentang bela negara lebih pokok diperoleh melalui pendidikan. Masyarakat pada umumnya percaya bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang paling penting dan baik, sehingga mereka akan menganggap bahwa hal – hal yang diajarkan dalam pendidikan memiliki nilai – nilai yang baik, termasuk ideologi. Penerapan suatu ideologi dalam suatu negara pasti memiliki latarbelakang yang cukup panjang, khususnya dari segi historis. Pendidikan historis merupakan sesuatu yang harus diketahui oleh masyarakat pada umumnya agar dalam partisipasinya membangun sebuah negara dapat terhindar dari kesalahan yang sama atau tidak jatuh pada lubang yang sama. Selain itu, mau tidak mau suka tidak suka, yang memimpin suatu negara kelak merupakan kaum – kaum muda yang berpendidikan.

Saat ini orang dihargai selain karena kekayaannya akan materi, juga kekayaan akan intelektual. Oleh karena itu, dengan dibukanya pendidikan tentang ideologi politik mampu menciptakan pemerintahan yang baik yang dapat menjaga stabilitas pemerintahan dari gangguan gerakan – gerakan yang bersifat separatis. Namun, tindakan tersebut bukan semata – mata tidak memiliki konsekuensi. Dengan dibukanya pemahaman tentang ideologi melalu pendidikan, bukan tidak mungkin ide – ide baru akan muncul. Karena, para pelajar, khususnya mahasiswa pada dasarnya memiliki tingkat keingintahuan akan sesuatu sangat tinggi. Mereka pasti bertanya – tanya tentang apakah ideologi negaranya adalah yang terbaik, apakah dalam penerapannya sudah baik, dan apakah mungkin ada ideologi lain yang lebih baik dari ideologi yang sudah ada. Masalah ini akan berhubungan dengan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintahan negaranya. Kaum terdidik yang kritis, tentu akan menentang bahkan melakukan aksi terkait rasa ketidakpuasan akan pemerintahannya yang tidak sesuai dengan ideologi yang selama ini dianut. Seperti halnya yang terjadi di Indonesia masa orde baru, mahasiswa sebagai kalangan terpelajar melakukan demonstrasi besar- besaran di tengah krisis ekonomi yang terjadi, yang menentang pemerintahan Soeharto yang sangat otoriter dan tidak demokratis yang dianggap kurang mampu memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya. Disini Pancasila dianggap sebagai ideologi yang baik yang dijadikan pedoman dalam bertindak, buktinya sampai saat ini pendidikan di Indonesia sangat mengoptimalkan pendidikan Pancasila.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

shop giày nữthời trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nutạp chí phụ nữhardware resourcesshop giày lườithời trang nam hàn quốcgiày hàn quốcgiày nam 2015shop giày onlineáo sơ mi hàn quốcf5 fashionshop thời trang nam nữdiễn đàn người tiêu dùngdiễn đàn thời trang