Persiapan Proker Korwil VI, Hingga Berbagi Pengalaman Antar Delegasi Sidang Forum Terdahulu

Artikel UPN 3 (B)

 

Sempat molor hingga beberapa jam untuk menunggu beberapa perwakilan universitas yang belum datang, tidak membuat peserta rakorwil VI (rapat koordinasi wilayah) yang datang tepat waktu lantas urung mengikuti rakor. Perwakilan Universitas Airlangga, Universitas Darussalam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, dan UPN Veteran Jatim sudah duduk bersiap menunggu kedatangan perwakilan kawan-kawannya dari Universitas Jember, Universitas Brawijaya, dan Universitas Muhammadiyah Malang. Sementara untuk dua perwakilan universitas lain yang terpisah karena perbedaan geografis yang cukup jauh seperti Universitas Udayana, dan Universitas Mataram menggunakan media skype untuk mengikuti jalannya rakor. Sayangnya, pada hari tersebut (6/2/2016), untuk perwakilan Universitas Mataram belum bisa mengikuti rakor, lantaran ada keperluan yang tidak bisa ditinggalkan kata Ketua HIMAHI UNRAM, Syarif Hidayatullah.

Setelah semua perwakilan universitas lengkap, rakor dimulai pukul 13.00 dengan dipimpin oleh Presidium Nasional FKMHII Korwil VI, Rizky Ayugita Pradini. Pada rakor kedua di periode 2016 kali ini diawali dengan perkenalan pengurus himpunan mahasiswa yang baru antar universitas dan bergabung UINSA untuk pertama kali dalam rakorwil, juga beberapa agenda seperti pembacaan laporan pertanggung jawaban IROS 2015 dan proker korwil masih tidak jauh berbeda dengan periode-periode sebelumnya. Pekerjaan rumah selepas Sidang Forum dari UNS November kemarin seperti kejelasan tuan rumah PNMHII XXVIII, persiapan PSNMHII di Universitas Riau, perkembangan FML (FKMHII Milstone and Legacies) dan Draf Buku Saku, hingga follow up website FKMHII menjadi bahasan panjang pada rakor siang itu.

Jika tidak berubah, pada pelaksanaan IROS 2016 yang akan dilaksanakan pada akhir tahun nanti dengan tuan rumah UMM akan kembali dibuka dengan empat cabang olahraga, dengan tiga cabor utama yaitu basket, futsal, dan badminton, serta satu tambahan cabor antara voli atau renang. Bergantung pada kesepakatan panitia dan atensi dari peserta nanti pada koordinasi selanjutnya untuk satu cabor tambahan tersebut. Lanjut pada agenda Makrab oleh UPNVJT yang belum menentukan tanggal pelaksanaan, pembayaran hosting website FKMHII yang telah lunas, perkembangan proker pendidikan oleh UB dan budaya oleh Unair yang mulai ada gambaran, dan proker social responsibility yang kali ini akan dipegang oleh Unej.

Bahasan rakor mengenai kejelasan tuan rumah PNMHII XXVIII yang belum ada perkembangan pasti menjadi awal mula pembahasan panjang mengenai dinamika sidang forum di pertemuan nasional FKMHII yang penuh cerita. Banyaknya kepentingan antar universitas maupun antar korwil merupakan hal yang lumrah terjadi saat sidang forum di tiap pertemuan nasional. Oleh karena itu, rakorwil menjadi media bagi tiap korwil untuk berkoordinasi dan berkonsolidasi antar universitas sekaligus membahas mengenai langkah-langkah politik apa yang akan dijalankan oleh tiap universitas maupun korwil saat sidang forum pertemuan nasional selanjutnya, khususnya untuk persiapan PSNMHII di Universitas Riau nanti. Mengingat banyaknya wajah-wajah baru yang akan menjadi delegasi PSNMHII, persiapan korwil VI pun diawali dengan berbagi pengalaman dari delegasi PSNMHII sejak di Universitas Udayana dua tahun yang lalu, hingga delegasi PNMHII November kemarin di UNS. Namun, dengan berbagai dinamika politik yang terjadi di FKMHII tentunya sejauh ini para anggota tetap maupun peninjau FKMHII masih memegang teguh etika politik antar anggota melihat bertahannya eksistensi FKMHII hingga diumur ke 28 tahun. Itulah mengapa para pembelajar khususnya mahasiswa hubungan internasional se-Indonesia menunjukkan minat dan kemampuannya pada hal-hal politik praktis lewat FKMHII tanpa meninggalkan aturan-aturan yang telah disepakati bersama antar anggota FKMHII. Dan rakor ditutup dengan foto bersama seluruh perwakilan universitas yang hadir. (AG).

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search