IRAKS: Pelestarian Seni Musik Angklung dan Kolintang oleh Mahasiswa HI UPNVJT

International Relations on Angklung and Kolintang (IRAKS) adalah salah satu program kerja dari Departemen Seni dan Olahraga HIMATERNAL 2016. Program yang dibentuk sejak November 2015 ini, dilatih oleh Fressy Andrian yang juga sebagai polopor berdirinya IRAKS. Latar belakang pembentukannya tidak lain karena kecintaannya terhadap musik. Didalam IRAKS kita bisa bersama-sama berlatih angklung dan kolintang, dengan jadwal latihan setiap hari Rabu pukul 13.00-15.00 WIB bertempat di Giri Loka UPN “Veteran” Jatim.

Dies Natalis FISIP UPN Jatim pada semester ganjil kemarin menjadi sebuah batu loncatan pertama IRAKS untuk tampil secara langsung di acara ceremonial dies natalis FISIP. Dalam acra tersebut IRAKS berhasil membawakan dua buah lagu dengan baik. Kedepannya, IRAKS akan kembali tampil di panggung saat ceremonial Dies Natalis Hubungan Internasional. Hingga saat ini, jumlah anggota yang tergabung 29 orang yang terdiri dari angkatan 2011, 2012, 2013, 2014, 2015 dan juga dosen.

“Kita perlu sekali mengadakan kegiatan seperti IRAKS ini, karena dengan adanya globalisasi maka semakin banyak pula budaya dan hal-hal baru yang masuk ke Indonesia. Kita sebagai mahasiswa berkewajiban untuk ikut serta dan berkontribusi langsung melestarikan budaya Indonesia agar tidak punah dan tidak luntur termakan jaman. Nah dari sinilah kami mahasiswa Hubungan Internasional yang tergabung dalam IRAKS memulai aksi kecil ini sebagai tanda kecintaan kami akan budaya Indonesia,” pemaparan Gaby (2015).

Memang sudah sewajarnya dan sebuah kewajiban kita semua sebagai mahasiswa kaum intelektual untuk sadar dan mulai membangunkan diri kita untuk ikut andil dalam segala kegiatan positif demi terjanganya kelestarian budaya Indonesia. Oleh karena itu IRAKS merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat dan patut dipertahankan. (pita)

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search